Tuesday, August 9, 2016

INFRASTRUKTUR

Infrastruktur yang ada di Desa Sadah yaitu :

1. Fasilitas Pendidikan
       Pendidikan yang terdapat di desa Sadah terdiri dari 3 Sekolah yaitu 2 Sekolah Dasar (SD) dan 1 Taman Kanak-Kanak (TK). Sedangkan untuk sekolah islam berjumlah 3 sekolah yang terdiri dari 2 Madrasah Diniyah dan 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI).

2. Fasilitas Kesehatan
       Fasiitas kesehatan di desa Sadah masih sangat minim. Hal ini dikarenakan belum adanya fasilitas Polindes yang memadai dan hanya terdapat satu bidan dalam lima dusun di desa tersebut sehingga masyarakat Desa Sadah harus menempuh jarak yang jauh karena Polindes hanya terdapat di Dusun Nangke’.
3. Fasilitas Umum
       Fasilitas umum yang terdapat di desa Sadah yaitu Masjid, Jalan Desa, Puskesmas . Selain itu juga terdapat tempat pemakaman umum yang ada disetiap dusun dan juga rumah air bersih yang berguna menyediakan air bersih ke desa Sadah. Namun terdapat beberapa kekurangan di desa ini antara lain yaitu belum ada Balai desa dan Pasar desa.
Foto Masjid

Foto Air Bersih

  • Jalan Desa
       Akses jalan merupakan infrastruktur yang paling penting bagi masyarakat baik dikota maupun di desa. Jalan raya menjadi prioritas utama bagi masyarakat guna meningkatkan perekonomian dan taraf hidup. Akses jalan menuju Sadah cukup mudah, hanya saja kondisi jalan di Desa Sadah tergolong kurang baik dan rusak meskipun sudah beraspal.
Foto Jalan Desa

  • Pemakaman Umum
       Pemakaman Umum Desa Sadah terdapat tempat pemakaman umum di setiap dusun. Selain itu juga terdapat pemakaman keluarga yang ada di beberapa rumah. Di sepanjang jalan banyak dijumpai makam keluarga disebelah rumah. Di desa ini lahan yang digunakan untuk pemakaman umum adalah lahan desa sedangkan lahan yang digunakan untuk pemakaman disekitar rumah adalah lahan sekitar atau belakang rumah yang kosong. Sehingga kebanyakan di desa ini pemakaman untuk keluarga sendiri.
Pemakaman Umum

  • Balai Desa
       Di desa Sadah pusat kegiatan pemerintahan dilakukan di rumah Kepala Desa dan rumah Sekdes sendiri. Hal ini dikarenakan kantor Balai Desa di desa Sadah ini belum ada dan masih dalam proses perencanaan. Tidak adanya Balai desa membuat urusan desa dan administrasi desa menjadi tidak efektif. Selain itu dokumen atau berkas penting pemerintahan desa harus diletakkan dan disimpan dirumah Kepala desa dan Sekretaris desa. Maka dapat dikatakan bahwa perlengkapan desa masih minim.

No comments:

Post a Comment